LATAR BELAKANG
Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (MPI-PPs UMI) Makassar merupakan jalur program pendidikan tinggi Islam yang dibuka berdasarkan SK Menteri Agama RI No. 572 Tahun 1996, tanggal 05 Desember 1996 dengan jalur pendidikan akademik. Program Magister Pendidikan Agama Islam terakreditasi sesuai SK 728/SK/LAMDIK/Ak/M/XI/2022 Tanggal 11 Oktober 2022 dengan predikat Unggul.
VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN PRODI
Visi
Terwujudnya lulusan yang professional dalam bidang Pendidikan Islam, tanggap terhadap kemajuan Iptek dan perubahan sosial.
Misi
Mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman dalam perspektif kependidikan Islam.
Meneliti problem dan isu-isu Pendidikan Islam kontemporer berdasarkan metodologi yang relevan.
Menemukan konsep dan solusi problematika Pendidikan Islam.
Tujuan
Menghasilkan lulusan yang mengerti dan memahami konsep dan teori ilmu Pendidikan dan studi Islam umumnya, dan mengerti serta memahami komponen dalam mengintegrasikan keimanan dan keilmuan untuk mengembangkan konsep, teori dan asas dalam bidang ilmu-ilmu keislaman dan pemikiran Pendidikan Islam.
Menghasilkan lulusan yang menguasai metode dan mampu: mengidentifikasi permasalahan masalah-masalah social Pendidikan Islam kontemporer dengan menggunakan metodologi yang relevan.
Menghasilkan lulusan yang menguasai daya saing sebagai tenaga profesional pada Lembaga Pendidikan Islam dan Lembaga social keagamaan lainnya serta memiliki kesadaran dan keinginan untuk belajar secara berkesinambungan.
Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan diri sebagai seorang pembelajar sepanjang hayat, menunjukkan simpati dan empati terhadap perubahan dan perkembangan teknologi pembelajaran serta mampu bekerjasama dan dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.
SASARAN
Terlaksananya kegiatan proses pembelajaran(belajar dan mengajar) yang berkualitas dan unggul.
Menghasilkan lulusan magister yang memiliki kompetensi keilmuan dan skill dalam merencanakan dan melakukan kegiatan inovatif di bidang Pendidikan Agama Islam.
Meningkatkan secara kuantitas maupun kualitas kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah pada aras nasional maupun internasional bereputasi, baik bagi dosen maupun mahasiswa.
Meningkatkan diseminasi hasil-hasil penelitian untuk kegiatan pendampingan dan pengabdian pada masyarakat.
Meningkatkan jejaring akademik dengan institusi baik dalam maupun luar negeri.
Terbentuknya tenaga pendidik dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang memiliki akhlak karimah dan nilai-nilai kebangsaan.
Meningkatkan kemampuan lulusan dalam mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan masalah dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
KURIKULUM
Kurikulum Program Magister Pendidikan Agama Islam PPs-UMI Makassar terdiri atas Matakuliah Inti dan Matakuliah Konsentrasi, serta ditambah Tesis dengan bobot seluruhnya sebanyak 48 SKS, yang ditempuh selama empat semester, dengan rincian sebagai berikut:
Smt. | Kode MK*) | Nama Matakuliah | Bobot SKS | SKS MK dalam Kurikulum | Keterangan | |
Inti | Institusional | |||||
Matakuliah Pra Magister : | ||||||
0PRA0001 | Bahasa Arab | 0 | ||||
0PRA0002 | Bahasa Inggris | 0 | ||||
0PRA0003 | Metode Penulisan Karya Ilmiah | 0 | ||||
0PRA0004 | Pengantar Ilmu Pendidikan | 0 | ||||
I | Matakuliah Inti : | |||||
3MKK1001 | Studi = Al Qur’an | 3 | 3 | |||
3MKK1002 | Sejarah dan Peradaban Islam | 3 | 3 | |||
3MPK1003 | Sejarah Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam | 3 | 3 | |||
3MPK1004 | Perkembangan Modern Di Dunia Islam | 3 | 3 | |||
3MPK1005 | Filsafat Ilmu Islami | 3 | 3 | |||
II | 3MKK1106 | Studi Hadis | 3 | 3 | ||
3MKB1107 | Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan | 3 | 3 | |||
3MPB1108 | Metode Penelitian | 3 | 3 | |||
3MBB1109 | Psikologi Pendidikan Islam | 3 | 3 | |||
3MBB1110 | Studi Fikhi Kontemporer | 3 | 3 | |||
III | Matakuliah Konsentrasi : | |||||
Pendidikan Islam | ||||||
3MKB2011 | Pengembangan Sumber Belajar dan Media PAI | 3 | 3 | |||
3MKB2012 | Model dan Metode Pendidikan Agama Islam | 3 | 3 | |||
3MKB2013 | Perencanaan Pendidikan Islam | 3 | 3 | |||
Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
3MKB2014 | Sosiologi Pendidikan Islam | 3 | 3 | |||
3MKB2015 | Manajemen Lembaga Pendidikan Islam | 3 | 3 | |||
3MKB2016 | Administrasi dan Supervisi Pendidikan Islam | 3 | 3 | |||
Matakuliah Pilihan (Dipilih Satu Matakuliah) | ||||||
3MKB2017 | Manajemen Dalam Islam | 3 | 3 | |||
3MBB2018 | Etika Profesi Keguruan | 3 | 3 | |||
3MBB2019 | Manajemen Berbasis Madrasah | 3 | 3 | |||
3MBB2020 | Pendidikan Karakter | 3 | 3 | |||
3MBB2021 | Komunikasi Massa dan Jejaring | |||||
Pendidikan Aqidah-Akhlak | 3 | 3 | ||||
IV | 6MPB2122 | T e s i s | 6 | 6 |
Total SKS | 48 | 30 | 18 |
*) Pada Kode Matakuliah tergambar Struktur Kurikulum :
MPK : Matakuliah Pengembangan Kepribadian
MKK : Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan
MKB : Matakuliah Keahlian Berkarya
MPB : Matakuliah Perilaku Berkarya
MBB : Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat
TENAGA PENGAJAR
Dosen Tetap
Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, SE., M.Si
Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA
Dr. Hj. Rastina Kalla, SE., M.Si
Dr. H.M. Zain Irwanto, MA
Dr. H.M. Hasibuddin Mahmud, M.Ag
Dr. H. Ahmad Hakim, M.Ag
Dr. H. Andi Bunyamin, M.Pd.
Dr. H. Abd. Rauf Assagaf, M.Pd.
Dr. H. M. Ishaq Shamad, MA
Dr. Musafir Thahir, M.Si
Dr. H. Nukman, MA
Dr. H. Nashiruddin Pilo, MA
Dr. H. Akhmad Syahid, M.Pd.
Dr. H. Andi Darmawangsa, M.Ag.
Dr. H. M. Akil, M.H.
Dr. Hj. Nurlaelah, M.Hum.
Dr. Hj. Nur Setiawati, M.Ag. Ph.D.
Dr. Hj. Rosmiati, M.Pd.
Dr. Nuraeni Abdullah, M.Ag.
Dr. Hj. Subaedah, M.Pd,Si.
Dr. H. Yusri Muhammad Arsyad, Lc, MA.
Dr. Surani, M.Ag.
Dr. H. Hasanna Lawang, Lc, M.Ag
Dr. Bahman, M.Ag.
Dr. Syarifah Raehana, M.Ag.
Dr. Salim Hasan, M.Pdi.
Dr. H. Bisyri Abd. Karim, Lc., MA
Dosen Tidak Tetap
Prof. Dr. H. A. Rahim Yunus, MA
Prof. Dr. H. Syahruddin Usman, M.Pd.
Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd.